Tuesday 14 October 2014

Banyak Cara ke Bula

Bagaimana Cara Menuju Kota Bula, Ibukota Kab. Seram Bagian Timur-Maluku ??

foto: Peta Pulau Seram (Bula terletak di sebalah kanan atas)

Kota Bula terletak di sebelah Timur Pulau Seram, Maluku. Pulau Seram, Pulau terbesar di Provinsi Maluku ini menjadi wilayah bagi 3 Kabupaten di Maluku, yaitu:
1) Kab. Maluku Tengah, yang ber-ibukota di Masohi,
2) Kab. Seram Bagian Barat (SBB), ber-ibukota di Piru,
3) Kab. Seram Bagian Timur (SBT), ber-ibukota di Bula

seperti pepatah, banyak jalan menuju kota Bula, hehehe...

saya coba sampaikan satu per satu,



1. Transportasi Udara,
Untuk menuju Bula dengan menggunakan Transportasi Udara, bisa ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit dari Kota Ambon. Transportasi udara ini menggunakan pesawat kecil milik salah satu Perusahaan Minyak di Bula. Biaya penumpang nya gratis, namun, alat transportasi ini hanya diperuntukkan bagi Pegawai Perusahaan Minyak dan jatah 2 seet untuk PNS Pemda Kab. SBT per hari nya.
foto: ini pesawatnya
foto: ini rute penerbangannya

2. Transportasi Laut
Menuju Bula lewat laut dapat menggunakan jasa kapal Pelni. Kapal Pelni yang melayani rute Bula dari Ambon dan sebaliknya adalah Kapal Pangrango.
Anda bisa melihat jadwal kapal Pangrango dan membeli tiketnya di sini: PELNI
Kapal Pangrango berlayar ke Bula dari Ambon 2 Minggu sekali.
Pengalaman saya ke Ambon dari Bula dengan kapal Pangrango, kapal berangkat hari minggu malam jam 12, singgah di Pulau Geser jam 7 pagi, berlabuh 2 jam setelah itu jam 9 pagi berangkat dari Pulau Geser menuju Ambon dan sampai di Ambon pada hari Selasa pagi jam 5.


foto: Pulau Geser, pulau unik yang menjadi daerah ibukota kecamatan Geser, Kab. SBT. Di dalam Pulau ini bisa masuk kapal-kapal kecil.

3. Transportasi Darat
Transportasi Darat membawa kita berpetualangan di Taman Manusela, wilayah konservasi hutan terbesar di Maluku yang terletak di Pulau Seram.
Transportasi ini bisa dilakukan dengan menumpang Mobil. Mobil meuju Bula biasanya menggunakan mobil Avanza atau Inova.

ada 2 rute untuk transportasi darat:

3.a. Rute Ambon - Waipirit - Bula,
Ongkos Mobil untuk rute ini Rp350ribu per orang dari Ambon. Penumpang akan dibawa berkendara dari Kota Ambon menuju pelabuhan penyeberangan Feri di Liang sekitar 45 menit, dari Liang menumpang Feri ke Pelabuhan Feri Waipirit di Pulau Seram sekitar 1.5-2 jam di atas laut.

foto: Pelabuhan Feri Waipirit terletak di Kecamatan Kairatu, Pulau Seram


Dari Waipirit, mobil berkendara  sekitar 4 jam sampai di perhentian gunung SS di kaki pegunungan Manusela untuk istirahat makan.

Setelah itu lanjut berkendara melintasi Taman Pegunungan Manusela, Desa Sawai, Desa Wahai,dan Desa Kobisonta. 5 jam kemudian dari Perhentian Gunung SS maka kita telah sampai di Bula.

3.b. Rute Ambon - Masohi - Bula
jika rute darat di atas kita lewat Waipirit, Seram Bagian Barat, maka kalau kita menggunakan rute ini maka kita singgah di Ibukota Kab. Maluku Tengah yaitu kota Masohi.
dari Kota Ambon, kita bisa menumpang ojek untuk sampai di Pelabuhan Penyeberangan Kapal di Tulehu, ongkos ojek nya sekitar Rp50ribu, kalau mau lebih murah bisa menggunakan mobil angkot jurusan Tulehu, Waai atau Liang dengan ongkos sekitar Rp10ribu.
Dari Kota Ambon menuju Tulehu sekitar 30 menit, dilanjutkan dengan naik Kapal Cepat sekitar 1.5 jam menuju Pelabuhan Amahai, Seram Bagian Tengah. Jika sudah sampai dipelabuhan Amahai, kita bisa minta ojek untuk mengantar ke Terminal Mobil Bula di Masohi, ongkos nya Rp20ribu.
Ongkos Mobil dari Masohi menuju Bula Rp300ribu. Dari Masohi ke Bula kita dibawa berkendara ke Persinggahan Gunung SS untuk makan, waktu yang ditempuh sekitar sekitar 2 jam.
dari situ, tinggal 5 jam berkendara lagi untuk sampai ke Bula.
Foto: Amahai (Sebelah Tengah Bawah Pulau Seram)

Silahkan datang ke Bula, dan nikmati Perjalanannya... :)



Bula, 15 Oktober 2014






No comments:

Post a Comment